HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif – Analisis Laporan Keuangan Perusahaan

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif - Analisis Laporan Keuangan Perusahaan

Contoh proposal penelitian kualitatif banyak kita temukan di berbagai tempat. Seperti perpustakaan kampus, toko buku lama, dan di internet. Banyak sekali bidang studi yang dapat dikerjakan dengan metode penelitian kualitatif, misalnya saja manajemen, pendidikan, komunikasi, geografi, sosial, politik, hukum, dan masih banyak lagi. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif sehingga tidak memerlukan adanya perhitungan statistika. Tujuan utama penelitian jenis ini adalah untuk memahami gejala sosial dengan lebih menitikberatkan pada gambaran yang lengkap tentang gejala sosial yang dikaji. Terdapat beberapa teknik pengumpulan data kualitatif, yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan diskusi terfokus. Berikut ini kami sajikan salah satu contoh proposal penelitian kualitatif yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam penelitian selanjutnya.

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA USAHA SEWA RUMAH TINGGAL/ HOME STAY PURI GANESHA DI SEMARANG)

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    LATAR BELAKANG MASALAH

Dalam melaksanakan tugas-tugasnya, pimpinan perusahaan selalu akan berhadapan pada masalah-masalah produksi, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan lain-lain yang berhubungan dengan tantangan, ancaman usaha, serta kekuatan yang dimiliki dan prospek usaha ke depan.

Laporan keuangan perusahaan merupakan salah satu sumber informasi penting yang dapat dipakai sebagai alat oleh manajemen dan pemilik perusahaan (owner) untuk mengukur kinerja/ prestasi perusahaan periode yang lalu dan dapat juga digunakan sebagai acuan dalam penyusunan rencana serta strategi usaha yang akan datang.

Laporan keuangan perusahaan yang merupakan produk dari kegiatan akhir bagian akuntansi pada dasarnya merupakan ringkasan data keuangan perusahaan dari proses pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran dan penyajian hasil trasaksi-transaksi keuangan perusahaan pada suatu kurun waktu tertentu. Laporan keuangan tersebut terdiri dari neraca (balance sheet), laporan laba rugi (income statement), dan laporan modal kerja (statement of change in working capital).

Untuk memahami arti penting dari suatu laporan perusahaan diperlukan kajian/ evaluasi yang sistematis sesuai kebutuhan. Walaupun disadari bahwa laporan keuangan memiliki keterbatasan-keterbatasan karena karakteristiknya, laporan keuangan perusahaan tetap merupakan salah satu sumber informasi penting bagi para pemakainya dalam rangka pengambilan keputusan ekonomi. Dari hasil evaluasi yang dilakukan melalui proses perbandingan, evaluasi, analisa trend, dan analisa lainnya akan diperoleh suatu kesimpulan apa yang telah diperbuat/ dikerjakan oleh manajemen perusahaan pada periode yang lalu dan sebagai alat ukur keberhasilan usaha atau kegagalan yang menyebabkan tidak tercapainya sasaran usaha sebagaimana ditetapkan sebelumnya.

Dari hasil analisis laporan keuangan perusahaan juga dapat dipakai sebagai alat untuk memprediksi usaha ke depan, antisipasi menembus kabut gelap yang akan dihadapi dalam perjalana bisnis yang akan datang, mengenali rintangan dan tantangan yang harus dihadapi dan untuk melihat prospek usaha yang akan diperebutkan oleh para pelaku bisnis. Di sinilah arti penting dari suatu analisis laporan keuangan perusahaan.

Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka skripsi ini akan melakukan kajian/ evaluasi dan selanjutnya akan melakukan analisis atas laporan keuangan usaha sewa rumah tinggal/ homestay “Puri Ganesa” di Semarang. Untuk itulah skripsi akan diberi judul “Analisis Laporan Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada Usaha Sewa Rumah Tinggal/ Homestay “Puri Ganesa” Di Semarang).

 

B.     IDENTIFIKASI MASALAH

Untuk mengetahui perkembangan usaha suatu perusahaan, sangatlah perlu untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut, dan hal ini akan dapat diketahui dari isi laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi serta laporan keuangan lainnya. Laporan keuangan juga merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi tentang posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan dalam kurun waktu tertentu. Data tentang laporan keuangan tersebut akan lebih berarti bagi pihak-pihak yang berkepentingan apabila data tersebut diperbandingkan untuk dua periode atau lebih, dan kemudian dilakukan kajian/ evaluasi serta dilakukan analisis lebih lanjut untuk memperoleh informasi yang dapat mendukung keputusan yang akan diambil.

Laporan keuangan perusahaan juga memberikan gambaran inovasi tentang aspek-aspek yang sangat luas, sehingga manajemen perlu mengidentifikasi aspek-aspek tersebut berdasarkan posisi keuangan dari laporan keuangan.

Dalam menganalisis laporan keuangan, beberapa faktor yang perlu diperhatikan manajemen perusahaan antara lain:

  1. Apakah sudah efektif dan efisien usaha yang telah dijalankan oleh perusahaan?
  2. Sampai seberapa jauh kemampuan perusahaan dalam hal memenuhi kewajiban keuangannya?
  3. Bagaimana kemampuan manajemen perusahaan dalam mengelola operasional perusahaannya sehingga dapat menghasilkan laba optimal?
  4. Seberapa besar kemampuan manajemen perusahaan melakukan aktivitas atau efisiensi penggunaan kekayaan dalam perputaran operasionalnya?

C.    PEMBATASAN MASALAH

Agar identifikasi masalah lebih jelas, maka penulis membatasi analisis ini hanya pada laporan keuangan perusahaan sewa rumah tinggal/ homestay Puri Ganesa yang meliputi neraca dan laporan laba rugi selama tiga tahun terakhir mulai periode tahun 2004 sampai dengan tahun 2006.

 

D.    PERUMUSAN MASALAH

Masalah adalah suatu problem yang harus dipecahkan atau dikelola oleh pihak manajemen perusahaan, dimana jika masalah tersebut tidak segera ditanggapi secara serius akan berakibat buruk bagi perusahaan karena menyangkut kelangsungan hidup perusahaan selanjutnya.

Dari berbagai permasalahan perusahaan yang terjadi di Puri Ganesa dapatlah penulis memberikan rumusan permasalahan sebagai berikut: “bagaimana kondisi keuangan Puri Ganesa pada periode tahun 2004 sampai dengan tahun 2006 yang ditinjau dari aspek rentabilitas, likuiditas, solvabilitas dan aktivitas perusahaan”.

 

E.     TUJUAN DAN KEGUNAAN PENELITIAN

  1. Penelitian ini bertujuan:
    1. Untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan melalui analisis laporan keuangan dengan menggunakan alat analisis berupa rasio rentabilitas, rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio aktivitas.
    2. Memperdalam pengetahuan teoritis mengenai analisis terhadap laporan keuangan dalam gambaran praktek sehingga akan diperoleh pengetahuan teoritis dan praktis secara terpadu.
  1. Kegunaan penelitian

Kegunaan yang bisa diperoleh dari penelitian ini adalah:

Bagi perusahaan

Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk memperbaiki kondisi keuangan serta keputusan lain yang berhubungan dengan masalah keuangan.

Bagi penulis

Penelitian ini merupakan kesempatan untuk menerapkan ilmu dan teori yang diperoleh di bangku kuliah dalam kehidupan praktek perusahaan yang sesungguhnya serta sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana (S1) pada sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) Semarang.

Bagi lembaga/ STIE

Hasil penelitian berupa skripsi ini akan menambah kepustakaan dan wawasan untuk bidang properti khususnya sewa rumah tinggal/ homestay.

Bagi pihak lain

Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi untuk menambah pengetahuan di bidang keuangan usaha properti khususnya sewa rumah tinggal.

Tags:
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632