HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif Pendidikan – Hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa

Contoh proposal penelitian kualitatif pendidikan disajikan khusus untuk Anda yang sedang melakukan penelitian kualitatif tentang pendidikan yang serupa. Menurut Strauss dan Corbin (2003) penelitian kualitatif dimaksud sebagai jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Dalam penelitian kualitatif terdapat satu keunggulan bila dibandingkan dengan metode penelitian kuantitatif yakni dapat memberikan rincian yang lebih kompleks tentang suatu fenomena. Sehingga penelitian ini bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif, yaitu pola berfikir dari hal-hal khusus ke arah hal yang umum.

Dalam katalog kami tidak sedikit contoh proposal penelitian kualitatif pendidikan, tetapi untuk saat ini kami akan memberikan salah satu contoh diantaranya, seperti berikut ini.

HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI GEOGRAFI KELAS VI DI SDN LARANGAN GLINTONG II KEC. KLAMPIS KAB. BANGKALAN

BAB I PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Kenyataan menunjukkan bahwa manusia dalam hidupnya sering menghadapi permasalahan yang silih berganti dalam artian persoalan yang satu dapat diatasi, maka persoalan yang lain dapat juga timbul kembali, demikian selanjutnya.

Sebagai bagian dari manusia adalah para pelajar, dalam kegiatannya, belajarnya di sekolah ia tak akan lepas dari permasalahan yang timbul di dalam proses kegiatan belajarnya di sekolah. Diataranya ialah menurunnya prestasi yang dicapai di sekolah oleh siswa itu sendiri. Dari kenyataan diatas akan terdapat perbedaan antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya. Maka wajar bila siswa yang dapat memecahkan persoalannya, namun siswa yang lain bukan mustahil akan mengalami kesulitan dan bahkan tidak bisa sama sekali memecahkan persoalannya sendiri.

Maka dalam hal yang demikian inilah khususnya bagi siswa yang mendapat kesulitan mengembangkan prestasi belajarnya, maka dibutuhkan adanya bantuan dari orang lain. Bantuan yang dimaksud dalam bidang pendidikan disebut bimbingan belajar.

Dalam ketetapan MPR No IV/MPR/1999 tentang GBHN dinyatakan bahwa, “Memberdayakan pendidikan baik sekolah maupun luar sekolah sebagai pusat pemberdayaan nilai, sikap dan kemampuan serta meningkatkan partisipasi keluarga, masyarakat dan pemerintah yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.”

Dari ketiga golongan di atas masing-masing memiliki peranan, dalam hal ini pemerintah yang cenderung mengadakan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah dengan tidak mengenyampingkan hal-hal yang bersifat di luar sarana yang beban material saja. Seperti meningkatkan mutu pengajar atau guru. Sedangkan peranan keluarga dalam hal ini adalah bertanggung jawab langsung terhadap perkembangan anaknya. Yang berhubung dengan peranan orang tua, adalah “Orang tua merupakan hal yang utama dan pertama bagi anak”. Pertama artinya sebelum anak mendengar dan mendapatkan pengetahuan dari luar, maka yang pertama berperan adalah orang tua sendiri selaku lingkungan terdekat bagi anak. Sedangkan yang utama mengandung arti bahwa orang tualaha yang paling bertanggung jawab terhadap perkembangan prestasi belajar anaknya.

Dengan demikian akan tampak lebih jelas apakah ada atau tidaknya pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, hal ini yang akan peneliti maka ungkap setelah mendapat kesimpulan akhir pada kegiatan pelaksanaan penelitian nanti.

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas dapat ditarik kesimpulan, betapa pentingnya bimbingan orang tua terhadap anaknya guna mendorong anaknya mampu berprestasi lebih baik dan sejauh mana pengaruh peranan orang tua terhadap prestasi belajar anak. Sehingga dengan demikian akan memunculkan rumusan masalah sebagai berikut :

Adakah Hubungan Antara Bimbingan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Dalam Bidang Studi Geografi di SDN Larangan Glintong 02 Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan ?

C.    Tujuan Penelitian

Setiap kegiatan sehari-hari dapat dipastikan memiliki tujuan tertentu, begitu pula dalam kegiatan penelitian ilmiah ini tak akan lepas dari tujuan yang telah digariskan, sebab pada dasarnya tujuan ini banyak memberikan warna atau arahan pelaksanaan tujuan itu sendiri yang mengacu pada rumusan masalah yang telah ditetapkan, oleh karena itu tujuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut ;

  1. Untuk mengumpulkan data tentang bimbingan orang tua terhadap anaknya di rumah
  2. Untuk mengetahui data tentang prestasi belajar siswa di sekolah
  3. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang Study Geografi di SDN Larangan Glintong 02 Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan.

D.    Manfaat Penelitian

Tentang manfaat penelitian ini dapat peneliti kemukakan berdasar pada hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan adalah :

  1. Dapat dijadikan sebagai informasi ilmiah kepada para pendidik tentang pentingnya bimbingan orang tua, sehingga para orang tua dapat dimotivasi untuk mengadakan bimbingan belajar terhadap anaknya di rumah.
  2. Agar dapat menyadarkan pada masyarakat khususnya bagi para wali murid akan pentingya bimbingan belajar pada anaknya guna meningkatkan prestasi belajarnya.
Tags:
1 Comment
  1. Selamat pagi Pak,
    tolong kirimi saya contoh proposal tesis kualitatif pendidikan jurusan sosiologi.
    Terima kasih banyak atas segala bantuannya.

Leave a Reply

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat