HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Contoh Penyusunan Skripsi untuk PTK

Contoh penyusunan skripsi untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), saat telah banyak dicari oleh para peneliti. Fenomena penelitian tindakan kelas (PTK) saat ini telah banyak dilakukan oleh para guru. Terdapat banyak kasus atau permasalahan seputar pendidikan yang dapat ditangani dengan menggunakan penelitian PTK ini. Misalnya, membahas tentang cara untuk meningkatkan hasil belajar suau mata pelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai metode, seperti menggunakan gambar berseri, video, diskusi, tanya jawab, resitasi di depan kelas, pemberian tugas oleh guru dan lain sebagainya. Berbagai metode ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang biasanya dilakukan oleh guru kelas. Hal ini disebabkan guru kelas merupakan sosok yang paling sering berada di kelas tersebut, sehingga tidak guru tersebut dapat mengetahui kendala-kendala apa saja yang sering terjadi. Peserta didik merupakan pribadi yang berbeda-beda, sehingga guru hendaknya menghadapi dengan berbeda juga. Untuk peserta didik yang lambat dalam menerima pelajaran tidak dapat disama ratakan dengan peserta didik yang memiliki daya tanggap yang tinggi. Di sinilah guru dapat mengelola metode-metode yang sesuai dengan keadaan tersebut.

Contoh penyusunan skripsi untuk jenis PTK ini memiliki berbagai tahapan yaitu pertama tahap perencanaan, kedua tahap pelaksanaan, ketiga tahap pengamatan, dan keempat, adalah tahap refleksi. Dalam satu penelitian PTK, bisa terjadi terdapat beberapa siklus. Banyaknya siklus tersebut (siklus 1, siklus 2, siklus 3, dan seterusnya) tergantung pada hasil akhir dari tahap refleksi. Apabila pada tahap tersebut memperoleh hasil yang belum sesuai dengan keinginan atau standar yang telah ditentukan sebelumnya, maka siklus akan tetap berlanjut. Sebaliknya, apabila percobaan PTK tersebut telah mencapai standar atau bahkan melebihi standar yang telah ditentukan maka siklus tersebut dapat dihentikan. Lalu, apa yang akan dilakukan setelah siklus tersebut dihentikan? Jawabannya adalah mencari permasalahan lain atau kasus lain yang masih terjadi di kelas tersebut. Guru yang peka terhadap situasi di kelasnya, maka akan dapat menemukan berbagai hal yang mengganjal, dan perlu segera untuk diperbaiki. Untuk itu Contoh Penyusunan Skripsi ini dapat menjadi acuan dalam melakukan penelitian PTK.

Berikut merupakan salah satu Contoh Penyusunan Skripsi untuk penelitian tindakan kelas. Hal yang pertama dilakukan adalah penemuan masalah. Adanya masalah di kelas merupakan satu hal yang penting untuk melakukan penelitian. Setelah guru mengantongi masalah yang ada di kelas tersebut, maka yang dilakukan dalam Contoh Penyusunan Skripsi ini adalah menguraikan latar belakang masalah tersebut. Latar belakang masalah dapat berupa fenomena-fenomena yang terjadi di kelas, kemungkinan penyebab adanya masalah tersebut, serta perkembangan terakhir seputar masalah dapat dimasukkan ke dalam bagian latar belakang masalah. Merumuskan masalah, tujuan dari penelitian, serta manfaat penelitian yang sekiranya dapat diambil dengan adanya penelitian tersebut. Untuk di bab ke dua, merupakan bagian teori.

Teori-teori pendukung untuk memecahkan masalah tersebut, dapat dijabarkan secara rinci. Di bab ke tiga, memaparkan tempat dan objek penelitian, metode yang digunakan, serta pengujian seperti menggunakant tes dan sebagainya. Nah, di bab empat terdapat penjelasan mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan, seperti penjabaran keadaan sebelum dilakukannya penelitian, keadaan akhir pada tiap siklus, alasan mengapa pada siklus tertentu dihentikan serta pembahasan yang telah dicapai dengan adanya beberapa penerapan tindakan tersebut. Di akhir bab terdapat kesimpulan yang merupakan rangkuman hasil akhir dari penelitian tersebut. Saran, rekomendasi, daftar pustaka yang digunakan serta lampiranjuga dapat dimasukkan ke Contoh Penyusunan Skripsi.


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print