HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Contoh Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Inggris

Contoh Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Inggris

Penelitian tindakan kelas atau dalam bahasa Inggris Classroom Action Research merupakan perkembangan dari penelitian tindakan (action research). Penelitian tindakan dikembangkan pertama kali pada tahun 1946 oleh Kurt Lewin. Di tempat kerja Lewin mengembangkan model penelitian selama bertahun-tahun yang kemudian dikenal sebagai action research, yaitu serangkaian eksperimen terhadap komunitas masyarakat di Amerika pada pascaperang. Penelitian tindakan yang dilakukan Lewin ini, utamanya berkaitan dengan pekerjaannya dalam bermacam-macam konteks perumahan terpadu.

Kemmis dan Mc Taggart (1982) mendefinisikan penelitian tindakan adalah :

“the way groups of people can organize the conditions under which they can learn from their own experiences and make their experience accessible to othersâ€

atau penelitian tindakan adalah cara suatu kelompok atau seseorang dalam mengorganisasi suatu kondisi sehingga mereka dapat mempelajari pengalaman mereka dan membuat pengalaman mereka dapat diakses oleh orang lain. Penelitian tindakan memiliki berbagai keunggulan seperti peneliti tidak perlu meninggalkan tempat kerjanya bila akan melakukan penelitian, karena penelitian tindakan merupakan model penelitian yang muncul di tempat kerja. Selain itu baik peneliti maupun responden dapat mengetahui hasil atau manfaat dari penelitian yang diadakan. Selama ini, pada penelitian jenis lain responden hanya berfungsi sebagai pemberi informasi dan belum tentu responden tersebut tahu hasil atau manfaat dari penelitian tersebut.

Penelitian tindakan kelas seperti yang telah diungkapkan di awal tadi, bahwa PTK ini merupakan perkembangan dari penelitian tindakan. Pemberian nama PTK ini digunakan untuk membedakan penelitian tindakan yang dilakukan dalam lingkup dunia pendidikan dengan penelitian tindakan di bidang yang lain. Oleh karena itu, untuk membedakannya maka diberi penambahan kata “kelasâ€. Kelas di sini tidak terbatas ruang kelas saja, melainkan pengertiannya mengarah pada tempat di manapun guru tersebut mengajar. Selain itu, PTK dapat diterapkan dalam berbagai mata pelajaran. Baik itu digunakan untuk pemecahan permasalahan terkait mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Alam, Bahasa Inggris, Sains, dan sebagainya.

Penelitian tindakan kelas Bahasa Inggris misalnya, digunakan untuk pemecahan berbagai permasalahan seputar pelajaran bahasa Inggris. Contoh permasalahannya dapat berupa, banyak siswa yang kurang dalam kosa kata bahasa Inggris sehingga guru akan mencari solusi berbagai teknik agar siswa-siswanya dapat menguasai banyak kosa kata bahasa Inggris. Contoh lain, terdapat banyak siswa yang kurang tepat dalam pelafalan bahasa Inggris, sehingga guru di sini juga akan memikirkan berbagai metode agar siswa-siswanya dapat mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan lafal yang benar. Serta contoh-contoh permasalahan lain yang masih banyak bermunculan seputar mata pelajaran Bahasa Inggris.

Berikut ini kami sajikan, beberapa Contoh Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Inggris, sebagai bahan gambaran dalam melakukan PTK bahasa Inggris lainnya, yaitu :

  1. TEACHING VOCABULARY COMMUNICATIVELY (A CLASSROOM ACTION RESEARCH IN THE SECOND GRADE OF SEKOLAH MENENGAH TINGKAT PERTAMA KANISIUS HATI KUDUS DELANGGU ON THE ACADEMIC YEAR 2006/2007)
  2. IMPROVING STUDENTS VOCABULARY MASTERY THROUGH GESTURE (A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT THE THIRD GRADE OF SD MUHAMMADYAH BEKONANG, MOJOLABAN IN THE ACADEMIC YEAR 2008/2009)
  3. IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH ROLE PLAY (An Action Research at the Eighth Grade of SMPN 16 Surakarta 2008/2009)
  4. USING TACTILE AND KINESTHETIC RESOURCES TO IMPROVE STUDENTS’ SPELLING ABILITY AND PRONUNCIATION AWARENESS (AN ACTION RESEARCH AT THE FIFTH GRADE OF SD NEGERI POJOK 02 TAWANGSARI IN 2008/2009)
  5. IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH INQUIRY-BASED TEACHING (A Classroom Action Research in the Fifth Grade Students of SDIT Az Zahra Sragen Academic Year 2008/2009)
  6. IMPROVING THE STUDENTS’ ABILITY IN UNDERSTANDING TEXT USING SMALL GROUP DISCUSSION (A Classroom Action Research at the Third Grade Students of SMA Negeri 2 Pare Kediri in 2008-2009 Academic Year)
  7. IMPROVING STUDENTS VOCABULARY MASTERY THROUGH DEMONTRATION (A CLASSROOM ACTION RESEARCH ON THE THIRD GRADE OF SDN BAYEM TAMAN, KARTOHARJO, MAGETAN IN ACADEMIC YEAR 2008/2009)
  8. IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING COMPETENCE THROUGH COMMUNICATIVE ACTIVITIES (A CLASSROOM ACTION RESEARCH IN THE TENTH GRADE AT SMA NEGERI 7 SURAKARTA IN 2008/2009 ACADEMIC YEAR)
No tags for this post.
2 Comments
  1. bisakah lihat skripsi pada nomor 8

  2. improving students speaking achievement through small group discussion , tolong dibantu cari

Leave a Reply

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat