HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Contoh-Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Proposal penelitian kualitatif merupakan gambaran yang ditujukan kepada pembaca dengan tujuan untuk pemberitahuan atau suatu permohonan ijin yang disusun secara sistematis yang pada akhirnya akan diikuti oleh kegiatan itu sendiri. Dalam kegiatan tersebut diupayakan dapat mengikuti seperti jadwal yang sudah tertera dalam proposal penelitian kualitatif yang telah direncanakan sebelumnya. Jika kita berbicara proposal penelitian kualitatif dalam dunia pendidikan, maka tidak berbeda jauh dari proposal yang kita temukan sebelumnya. Proposal skripsi contohnya, proposal penelitian kualitatif ini dilihat dari bentuknya termasuk proposal formal atau resmi karena memiliki ketentuan-ketentuan tersendiri. Proposal skripsi merupakan garis-garis besar dari suatu pokok permasalahan yang akan lebih dijabarkan dalam pembuatan skripsi nantinya.

Skripsi yang berbentuk proposal penelitian kualitatif lebih mengedepankan pengetahuan yang luas dan teori yang kuat sehingga dapat digunakan untuk wawancara, menganalisa data dan mengkontruksi objek yang diteliti bisa menjadi lebih jelas. Berikut adalah bagian-bagian yang ada dalam proposal penelitian kualitatif yaitu latar belakang atau alasan pengangkatan pokok permasalahan; perumusan masalah; tujuan penelitian; landasan teori atau biasa disebut dengan tinjauan pustaka; manfaat penelitian; metode yang digunakan dalam penelitian; dan daftar pustaka.

Penelitian kualitatif memiliki lima (5) jenis penelitian yakni penelitian biografi adalah penelitian tentang seseorang beserta pengalamannya yang ditulis ulang dengan tujuan menggali pengalaman menarik yang dapat merubah hidup seseorang; penelitian fenomenologi adalah penelitian yang bertujuan untuk mengungkap fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu; penelitian grounded theory adalah penelitian dengan menekankan suatu pengalaman untuk sejumlah individu; penelitian etnografi adalah penelitian tentang uraian suatu budaya; dan penelitian studi kasus adalah penelitian yang menggali suatu masalah dengan batasan-batasan tertentu.

Berikut adalah sebagian contoh proposal penelitian kualitatif :

  1. INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU) KAMPOENG BATIK LAWEYAN SURAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan IMC Kasus di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta Oleh Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan)
  2. STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU HOTEL NOVOTEL SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang kegiatan Customer Relations dalam rangka mencapai kepuasan tamu Hotel Novotel Solo tahun 2008)
  3. PERSEPSI PENDENGAR TERHADAP BERITA RADIO (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Persepsi Komunitas Pendengar Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta Terhadap Program Siaran Berita Berbahasa Indonesia di RRI cabang Surakarta)
  4. IMAGE BUILDING UNS-SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peranan Humas Universitas Sebelas Maret dalam Membangun Citra Positif Universitas)
  5. FREELANCE DAN POLA KOMUNIKASI (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF POLA KOMUNIKASI FREELANCE DALAM MEMASARKAN PRODUK LKS DI CV. GRAHADI SURAKARTA)
  6. TA-AKTIVITAS KERJA PUBLIC RELATIONS OFFICER DALAM PERUSAHAAN PERHOTELAN (Studi Diskriptif Kualitatif Aktivitas Kerja Public Relations Officer di Kusuma Sahid Prince Hotel, Surakarta)
  7. IKLAN POLITIK CALEG DALAM PERSEPSI PEMILIH PEMULA Study Deskriptif Kualitatif Tentang Iklan Politik Caleg DPRD II Surakarta Melalui Media Luar Ruang Dalam Persepsi Pemilih Pemula di SMA Negeri III Surakarta
  8. IMAGE BUILDING UNS-SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peranan Humas Universitas Sebelas Maret dalam Membangun Citra Positif Universitas)
  9. FREELANCE DAN POLA KOMUNIKASI (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Freelance dalam Memasarkan Produk LKS di CV. Grahadi Surakarta)
  10. AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA PENCITRAAN KAFE LIQUID NEXT GENERATION (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas Public Relations Dalam Upaya Pencitraan Kafe Liquid Next Generation Yogyakarta)
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut :

Jasa Pembuatan TesisJasa Pembuatan SkripsiJasa Pembuatan MakalahJasa Olah Data

 

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) atau 0857.0.1111.632 (IM3) email IDTesis@gmail.com

Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

2 Comments
  1. Salam..boleh jelaskan jika ingn menjalankan penyelidikan mengenai kemahiran menulis karangan di kalangan pelajar-pelajar berumur 12 tahun ke bawah, apakah penyelidikan kualtitatif sesuai digunakan ? Terima kasih.

    • @ Suzanne :
      Jika ingin melakukan penelitian sebenarnya bisa dilakukan dengan tiga pendekatan, pendekatan kuantitatif, pendekatan kualitatif, dan pendekatan gabungan antara kuantitatif dan kualitatif.
      Perbedaannya utama terutama pada “data penelitian” yang digunakan sehingga mempengaruhi alat analisis yang digunakan untuk menganalisis data.

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print