HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Contoh – Contoh Proposal Untuk Berbagai Kegiatan

Proposal secara umum berarti suatu usulan kegiatan yang dijabarkan dalam bentuk – bentuk rancangan kerja secara gamblang/ jelas dan sistematis tentang segala hal menyangkut kegiatan yang diusulkan. Ada beberapa macam proposal bila dilihat dari bentuknya, diantaranya adalah proposal berbentuk formal (contoh proposal skripsi atau proposal tesis) dan proposal semiformal.

Dari keduanya yang membedakan adalah dalam proposal yang berbentuk formal dijabarkan lebih rinci dengan adanya tiga bagian utama yakni bagian pendahuluan yang berisikan sampul/ halaman judul, prakata, intisari, daftar isi, penegasan permohonan; bagian isi/ inti proposal yang terdiri dari latar belakang masalah, ruang lingkup  (sasaran kegiatan) dan pembatasan masalah, dasar teori, metodologi, fasilitas, susunan panitia, keuntungan dan kerugian diadakannya kegiatan tersebut, waktu pelaksanaan kegiatan, serta anggaran yang diperlukan; dan terakhir bagian penutup, isinya daftar pustaka, lampiran – lampiran yang ada serta dapat pula dicantumkan gambar/ tabel bila diperlukan.

Sedangkan untuk proposal berbentuk semiformal tidak ada pembagian – pembagian secara jelas tentang adanya ketiga bagian seperti tertera pada proposal formal. Proposal semiformal terdiri dari judul, latar belakang masalah, dasar teori, tujuan, sasaran kegiatan, waktu dan tempat kegiatan, jadwal, anggaran biaya dan penutup yang berisi harapan – harapan dari pihak panitia. Dalam pembuatan proposal yang perlu diperhatikan adalah bahasa yang digunakan. Proposal menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar; perangkaian kata, kalimat dan  penggabungan paragraf yang saling berhubungan; dalam mengungkapkan alasan/ tujuan kegiatan dengan logis dan dapat diterima nalar; penggunaan kalimat yang efektif/ tidak bertele-tele dan tentang penggunaan bahasa lainnya.

Download Contoh Proposal Kegiatan 1

Download Conhoh Proposal Kegiatan Idul Adha

Download Contoh Proposal Kegiatan HUT RI

Contoh proposal kegiatan antara lain adalah

  1. proposal kegiatan OSIS,
  2. proposal kegiatan kampus,
  3. proposal perpisahan siswa,
  4. proposal kegiatan olahraga,
  5. proposal HUT kemerdekaan,
  6. proposal ekstrakurikuler,
  7. proposal pembangunan masjid,
  8. proposal karya wisata,
  9. proposal bisnis dan proposal kegiatan lainnya.

Dalam proposal bisnis/ usaha yang harus diperhatikan antara lain adalah hasil survei yang dilakukan terhadap potensi pasar terhadap usaha yang akan didirikan; modal yang dibutuhkan dalam pendirian usaha; biaya operasional awal; rencana keuangan; struktur organisasi serta strategi bisnis yang akan dilakukan berdasarkan kondisi pasar yang ada. Tujuan pembuatan proposal usaha adalah untuk memberikan gambaran secara gamblang dan jelas tentang informasi terkait dengan proposal tersebut kepada pihak lain seperti investor atau pihak bank agar dapat memahami maksud dan tujuannya. Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari pembuatan proposal bisnis tersebut diantaranya adalah sebagai alat untuk menciptakan proses bisnis yang lebih besar, lebih sistematis dan profesional karena banyak berhubungan dengan pihak luar; dapat menjadi panutan bagi tiap – tiap pihak (investor dan owner) untuk mengerti peran masing – masing; dapat digunakan untuk meningkatkan prospek bisnis; dan akan menjadikan orang untuk lebih bertanggungjawab dalam pengelola bisnis, hal ini dikarenakan akan ada kewajiban masing-masing yang akan dipertanggungjawabkan dengan pihak lain.

Berikut adalah salah satu contoh proposal kegiatan karya wisata di salah satu sekolah :

  • Dasar Pemikiran, Berisikan latar belakang diadakannya kegiatan karya wisata di sekolah tersebut.
  • Tujuan Kegiatan, Berisikan beberapa tujuan/ manfaat yang dapat diambil dari kegiatan karya wisata. Sebagai contoh untuk mengenalkan siswa kepada beberapa objek wisata; mengajarkan siswa untuk berinteraksi dengan alam; menciptakan suasana belajar yang berbeda daripada di lingkungan sekolah; melatih siswa untuk bisa membuat laporan kegiatan seusai kunjungan wisata; dan lain sebagainya.
  • Pelaksanaan Kegiatan, Berisikan waktu pelaksanaan kegiatan karya wisata.
  • Peserta Kegiatan, Dijabarkan peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut.
  • Susunan Kepanitiaan, Terdapat susunan kepanitiaan/ susunan organisasi.
  • Anggaran Biaya, Perincian anggaran biaya yang dibutuhkan selama pelaksanaan.
  • Jadwal Kegiatan, Berisi rincian lebih mendetail tentang susunan acara selama kegiatan berlangsung
  • Penutup, Berisi harapan yang ingin dicapai selama dan setelah diadakannya kegiatan.
Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

1 Comment
  1. contoh proposal bantuan dana kegiatan olahraga

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print