HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Buka Tutup Pintu Otomatis Berbasis Mikrokontroler AT89S52 Dengan Barcode

ABSTRAK

Sistem keamanan pada gedung perkantoran sangatlah kurang. Hal ini terbukti karena masih banyak dijumpai gedung perkantoran yang sering kehilangan barang, surat, dan dokumen berharga. Tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang dan membuat sistem keamanan ruangan pada pintu masuk yang telah terhubung dengan data base dan menggunakan input barcode. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pembuatan prototype, perangkat keras, dan perangkat lunak. Perangkat lunak meliputi bahasa pemrograman assembly dan bahasa pemrograman Borland Delphi 7. Kecepatan baudrate yang digunakan adalah 9600 bps dan tegangan yang digunakan adalah 5 Volt dan 12 Volt. Pengujian dilakukan dengan pengecekan seluruh komponen pada rangkaian. Berdasarkan pengujian, data barcode dapat dibaca oleh computer, sehingga diproses menjadi informasi identitas, jam dan tanggal serta laporan database karyawan yang telah memasuki ruangan.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sistem keamanan biasanya di buat untuk menghindari adanya kejahatan di kantor atau di rumah. Sistem keamanan tersebut diposisikan pada pintu masuk agar dapat membatasi akses orang yang tidak berkepentingan. Proses buka tutup pintu biasanya dilakukan secara manual namun dengan meningkatnya tindakan kriminalitas di butuhkan sistem pengaman pintu yang baik dan pintu dapat bekerja secara otomatis dengan mempertimbangkan aspek pembiayaan agar tetap murah. Sistem keamanan dengan security kamera pada pintu masuk, di antara pintu masuk akan dibuka jika pengguna mengijinkan orang tersebut masuk. Kelebihannya pintu masuk dapat selalu diawasi, namun kelemahannya memerluakan orang untuk membuka dan menutup. Sistem lain adalah dengan cara memasukan password lewat keypad. Dimana pintu akan terbuka dan tertutup secara otomatis namun kelemahannya adalah pengguna harus mengingat kode passwordnya dan pemilik gedung atau rumah tidak dapat mengetahui siapa saja yang telah masuk.

Dengan demikian sangat berarti sekali jika proses proses pengawasan setiap orang yang keluar dan masuk pintu di bantu dengan penerapan teknologi. Agar efisiensi dan proses pengawasannya lebih terstruktur dan lebih baik, penulis ingin merancang dan membuat sistem keamanan pada pintu masuk dengan sistem barcode disertai program perekam data siapa saja yang telah masuk pada gedung. Sistem ini lebih praktis karena pengguna tinggal membawa kartu pengenal yang sudah didaftarkan. Dan pemilik gedung dapat dapat melakukan pengawasan dengan melihat program yang menampilkan siapa saja yang telah masuk gedung.

Tags: , , , , ,
1 Comment
  1. good, tapi kalo mau diaplikasikan dengan real harus disediakan juga barcode writer jadi gk cuman reader aja, karena kalo gak ditulis unique ID barcode akan banyak yang sama :)

Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat