HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Aplikasi Peta Digital Wisata Kota Surakarta

INTISARI

Pemerintah Indonesia telah berupaya meningkatkan pendapatan negara baik migas dan non migas. Aspek non-migas diantaranya adalah unsur Pariwisata dan di daerah merupakan salah satu sektor penting dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sektor ini tentunya perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan menjadi sebuah industri agar bisa membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan daerah. Untuk memajukan industri kepariwisataan diperlukan promosi wisata dan pengembangan sistem informasi kepariwisataan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan adanya aplikasi peta digital wisata ini, dapat membantu dan mempermudah para wisatawan untuk mengetahui tempat-tempat wisata yang ada dikota Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi peta digital sebagai alternatif yang mudah untuk mempromosikan kota Surakarta dalam sektor kepariwisataan. Diharapkan aplikasi ini dapat memberikan suatu alternatif untuk menunjang majunya sektor pariwisata di kota Surakarta .

Key : Aplikasi, peta, digital, wisata.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang Masalah

Pemerintah Indonesia telah berupaya meningkatkan pendapatan negara baik migas dan non migas. Aspek non-migas diantaranya adalah unsur Pariwisata dan di daerah merupakan salah satu sektor penting dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sektor ini tentunya perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan menjadi sebuah industri agar bisa membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan daerah. Untuk memajukan industri kepariwisataan diperlukan promosi wisata dan pengembangan sistem informasi kepariwisataan. Beberapa cara promosi yang dilakukan oleh pemerintah, baik untuk wisatawan dalam negeri atau dari mancanegara adalah menggunakan alat bantu seperti peta digital, modul CD-ROM Multimedia atau melalui situs WEB.

Peta atau atlas merupakan salah satu sarana informasi yang paling sederhana, mudah dibaca dan sudah dikenal masyarakat. Peta atau atlas merupakan salah satu sarana informasi yang paling sederhana, mudah dibaca dan sudah dikenal masyarakat. Atlas tersebut dapat menyajikan informasi yang lengkap dan akurat dari obyek wisata ataupun fasilitas yang tersedia. Dengan demikian akan sangat membantu bagi para wisatawan dalam mempersiapkan diri untuk menuju obyek wisata yang dimaksud di suatu wilayah. Melalui Peta Solo digital, informasi pariwisata dapat dipasang dan dapat digunakan pada komputer di tempat-tempat strategis seperti bandar udara, stasiun kereta api, kantor informasi pariwisata, biro perjalanan, pusat perbelanjaan, hotel, lokasi wisata, atau di tempat lain yang kiranya banyak dikunjungi wisatawan.

No tags for this post.
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat