HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Aplikasi Manajemen Sekolah oleh Kepala Sekolah

Aplikasi Manajemen Sekolah – Kepala sekolah adalah pemimpin lembaga pendidikan yang mempunyai peran sangat besar dalam lembaga sekolah. Kualitas sumber daya dan kompetensi yang dimiliki oleh seorang kepala sekolah sangatlah penting. Kualitas dimaksud meliputi kompetensi pendidikan, kompetensi social dan kompetensi intelegensi.

Manajemen Sekolah 2 Aplikasi Manajemen Sekolah oleh Kepala Sekolah

Keberhasilan kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen sekolah yang meliputi ;

1) manajemen kurikulum dan pengajaran;

2) manajemen tenaga kependidikan ;

3) manajemen kesiswaan ;

4) manajemen keuangan dan pembiayaan;

5) manajemen sarana dan prasarana pendidikan ;

6) manajemen hubungan sekolah dan masyarakat ; dan

7) manajemen layanan khusus, dalam rangka maningkatkan kualitas pembelajaran sangatlah dipengaruhi oleh potensi warga sekolah serta kondisi sekolah. Berkembangnya semangat kerja sama yang harmonis, minat terhadap perkembangan pendidikan , suasana kerja yang menyenangkan dan perkembangan mutu profesionalisme sangat ditentukan oleh kualitas manajemen sekolah.

Keseluruhan implementasi manajemen sekolah yang dilaksanakan oleh kepala sekolah tersebut akan dapat diukur dengan hasil pembelajaran yang dicapai oleh sekolah itu pada waktu yang telah ditentukan. Implementasi Manajemen Sekolah yang meliputi :

a). Manajemen Kurikulum dan Program Pengajaran, Kepala Sekolah cukup baik. Perencanaan sebagai unsur utama manajemen diterapkan dengan menyusun rencana kerja tahunan yang baik dan rasional sesuai skala prioritas yang ada. Kerja Kepala Sekolah cukup untuk mewujudkan bentuk pembelajaran yang edektif dan efisien.

b). Manajemen Tenaga Kependidikan, Kepala Sekolah sebagai manajer melakukan fungsinya dengan baik. Memberikan tugas tambahan dan pola pendistribusian kerja yang tercantum dalam SK Pembagian Tugas Guru adalah sangat relevan. Tugas terprogram adalah suatu pedoman kerja yang akan membantu suksesnya program. Hasil menunjukkan pola manajemen tenaga kependidikan cukup menunjang terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien.

c). Manajemen Kesiswan, Kepala Sekolah Negeri cukup peduli terhadap tugasnya. Siswa adalah komponen utama dan utama dalam komunitas sekolah, dalam melaksanakan fungsi manajerial kesiswaan kepala sekolah cukup terencana , terorganisasi serta ?pelaksanaan dan evaluasi programnya baik. Identifikasi keadaan awal siswa dilaksanakan . Hal ini sangat penting agar sekolah dapat memberikan pelayanan terbaik kepada siswa sersuai dengan kompetensi yang dimiliki anak. Dengan pola manajemen yang dilakukan Kepala Sekolah dimaksudkan untuk menanamkan rasa cinta terhadap sekolah dan menghasilkan lulusan yang kompetitif.

d). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan, Kepala Sekolah Negeri melaksanakan fungsi manajemen di bidang keuangan caukup baik. Alokasi keuangan disusun sesuai dengan skala prioritas kebutuhan. Keuangan adalah pilar utama dalam sebuah lembaga apapun efektifitas penyusunan rencana dan pelaksanaan akan menghasilkan organisasi sekolah yang berkualitas.

e) Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, dalam mengelola sarana dan prasana pendidikan di SMP Kepala Sekolah melakukan identifikasi kebutuhan dengan cukup baik. Hal ini sangat duperlukan dalam upaya oftimalisasi pelayanan peserta didik dapat tercapai. Sarana dan Prasarana penunjang terpenuhi akan mudah untuk melaksanakan tugas kependidikan. Inventarisasi asset sekolah dan pemikiran kepala sekolah yang inovatif adalah sangat tepat untuk mewujudkan sebagai sekolah yang berkualitas.

f). Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat, hubungan masyarakat adalah salah satu sarana yang menjembatani komunikasi antara sekolah dengan orang tua murid dan masyarakat. Kunjungan rumah yang dilaksanakan oleh sekolah dan dilaksanakan sendiri oleh Kepala Sekolah sangat efektif untuk membangun kepercayaan orang tua murid kepada sekolah. Hal ini akan dapat membantu kerja sama antara sekolah dengan orang tua siswa untuk secara bersama­ sama membangkitkan motivasi belajar, sehingga kualitas pembelajaran di SMP akan meningkat.

g). Manajemen Layanan Khusus, Sekolah dalam memberikan layanan khusus kepada siswa sangat diperhatikan oleh Kepala Sekolah. Pengembangan diri, bimbingan dan penyuluhan adalah bentuk layanan khusus yang harus diberikan kepada siswa agar potensi siswa dapat berkembang oftimal.Program kerja dan jadwal yang telah disusun oleh sekolah akan sangat membantu terlayaninya siswa dengan baik sesuai dengan kebutuhan masing­ masing. Penyuluhan pentingnya pendidikan yang dilakukan oleh sekolah akan membantu terwujudnya pembelajaran yang efektif dan efisien, yang akan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Hambatan­-hambatan Yang Timbul Dalam Implementasi Manajemen Sekolah

Dalam Implementasi Manajemen Sekolah, apabila dicermati dan dikaji masih banyak hal­hal yang perlu diperhatikan dan penanganan yang lebih serius sehingga tujuan daripada implementasi tercapai dengan maksimal, sehingga diharapkan kedepan peranan Kepala Sekolah selaku manajer yang bertanggung jawab atas terlaksananya pendidikan sekolah dapat berhasil secara oftimal. Efektif dan efisien

Hambatan yang ditemukan dalam Implementasi Manajemen Sekolah di MTs Negeri Manyaran yaitu tingkat kepatuhan petugas pelaksana, terbatasnya sumber daya baik sumber daya manusia maupun sumber daya keuangan, tingkat pemahaman dan etos kerja yang masih perlu ditingkatkan.

Terbatasnya sumber daya, untuk sumber daya manusia secara kuantitas dilakukan dengan mengusulkan tambahan pegawai kepada, kemudian secara kualitas dengan memberikan pembinaan administrasi umum, keuangan, serta administrasi kelas lainya. Sedangkan secara kualitas senantiasa memotivasi guru dan tenaga kependidikan lainya untuk melanjutkan sekolah. Dan untuk sumber daya keuangan dilakukan dengan mengusulkan permohonan bantuan kepada bupati.

Manajemen Sekolah yang dilaksanakan sesuai dengan prinsip­ prinsip manajemen kaitanya dengan pembelajaran diharapkan akan mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar siswa. Sehingga keberhasilan penelitian ini diharapkan akan menambah khasanah pengetahuan tentang Manajemen Sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Disisi lain juga dapat memberikan motivasi kepada para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaranya.

Implikasinya setiap kepala sekolah wajib untuk menguasai ilmu manajemen, khususnya aplikasi manajemen sekolah dengan mengikuti prinsip­ prinsip ilmu manajemen sekolah.

Tags: , ,
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat