HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Apa Yang Dimaksud Dengan Penelitian

Definsi Penelitian Menurut Para Ahli

Dalam bahasa Inggris penelitian adalah research. Research terdiri dari kata re, yang berarti kembali, dan search yang berarti mencari. Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa research adalah mencari kembali.

  • Menurut Fellin, Tripodi dan Meyer (1996) mengemukakan bahwa penelitian adalah suatu cara sistematik untuk maksud meningkatkan, memodifikasi dan mengembangkan pengetahuan yang dapat di sampaikan (dikomunikasikan) dan diuji (diverifikasi) oleh peneliti lain.
  • Menurut Clifford Woody riset atau penelitian adalah suatu pencarian yang didasarkan dengan teliti untuk memperoleh kenyataan-kenyataan atau fakta atau hukum-hukum baru. Didalamnya terdapat usaha dan perencanaan yang sungguh-sungguh yang relatif memakan waktu yang cukup lama.
  • Menurut Sutrisno Hadi, mengartikan penelitian sebagai usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.
  • Kamus Webster’s New International, mendefinisikan penelitian adalah penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip; suatu penyelidikan yang amat cerdik untuk menetapkan sesuatu.
  • Dalam buku Introduction to ResearchHillway (1956) mengemukakan bahwa penelitian tidak lain dari suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap permasalahan tersebut.

Buku The element of research karangan F.L. Whitney, terdapat beberapa kutipan dari para ahli tentang definisi penelitian, yakni:

Parson (1946) menyatakan bahwa penelitian adalah pencarian atas sesuatu (inquiry) secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian ini dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan.

John (1949) mengartikan penelitian adalah suatu pencarian fakta menurut metode objektivitas yang jelas untuk menemukan hubungan antarfakta dan menghasilkan dalil atau hukum.

Dewey (1936) penelitian merupakan transformasi yang terkendalikan atau terarah dari situasi yang dikenal dalam kenyataan-kenyataan yang ada padanya dan hubungannya. Seperti mengubah unsur dari situasi orisinal menjadi suatu keseluruhan yang bersatu padu.

Woody (1927) mengungkapakan bahwa penelitian merupakan sebuah pemikiran kritis (critical thinking). Penelitian meliputi pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah, memformulasikan hipotesa atau jawaban sementara, membuat kesimpulan dan sekurang-kurangnya mengadakan pengujian yang hati-hati atas semua kesimpulan untuk menentukan apakah ia cocok dengan hipotesa.

Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print