HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Analisis Regresi

Analisis regresi adalah sebuah teknik statistika untuk membuat model dan menyelidiki hubungan antar dua variable atau lebih. Sir Francis Galton (1822 – 1911) memperkenalkan model peramalan, penaksiran, atau pendugaan, yang dinamakan dengan regresi. Penelitian tersebut membandingkan antara tinggi badan manusia, yakni membandingkan tinggi anak laki-laki dengan tinggi badan ayahnya. Sir Francis Galton menunjukkan bahwa tinggi badan anak laki-laki dari ayah yang tinggi setelah beberapa generasi cenderung mundur atau regressed mendekati nilai tengah populasi. Dengan kata lain, ketinggian anak yang amat tinggi atau orang tua yang amat pendek cenderung bergerak ke arah rata-rata tinggi populasi. Hal inilah yang disebut oleh Galton mengenai regresi universal.

Hukum regresi semesta (law of universal regression) dari Galton diperkuat oleh Karl Pearson yang mengumpulkan berbagai catatan tinggi anggota kelompok keluarga. Dari data tersebut ditemukan rata-rata tinggi anak laki-laki kelompok ayah yang pendek leboh besar dari pada tinggi ayah mereka, jadi kejadian regresi atau kemunduran anak laki-laki yang tinggi maupun yang pendek sejalan ke arah rata-rata tinggi semua laki-laki.

Menurut Galton, analisis regresi berkenaan dengan studi ketergantungan dari suatu variable yang tidak bebas atau dependent variable pada satu atau lebih variabel. Dalam ilmu statistik non parametrik tidak menguji populasi tetapi menguji distribusi.

Regresi sederhana, merupakan bentuk regresi dengan model yang bertujuan untuk mempelajari hubungan antara dua variable yaitu variabel independen dan variable dependen. Dalam persamaan dinyatakan :

y = a + bx

y = variable independen

x = variable dependenden

a = penduga bagi intercept (a)/ perpotongan garis regresi dengan sumbu y

b = penduga bagi koefisien regresi (?). Atau dengan kata lain a dan ? adalah parameter yang nilainya tidak diketahui sehingga diduga melalui statistik sample. (Saman dan Maman)

Hasil analisis regresi berupa koefisien regresi untuk masing-masing variable independent. Koefisient tersebut diperoleh dengan memprediksi nilai variabel dependen dengan suatu persamaan. Koefisien regresi dihitung dengan tujuan meninimalisir penyimpangan antara niali aktual dan nilai estimasi variable dependen serta mengoptimalkan korelasi antara nilai aktual dan nilai estimasi variabel dependen berdasarkan data yang ada. Teknik estimasi variabel dependen yang melandasi analisis regresi disebut Ordinary Least Squares (pangkat kuadrat terkecil biasa).

Tags:
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat