HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Asuransi Mitra Beasiswa pada Ajb Bumiputera 1912 Kantor Operasional Yogyakarta Gondomanan

ABSTRAKSI

Penelitian ini dilakukan di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Operasional Yogyakarta Gondomanan, dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap permintaan asuransi (Uang pertanggungan). Data yang digunakan berupa data primer, yaitu data yang secara langsung diperoleh dari sumbernya (nasabah) dengan menyebarkan kuesioner. Variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel pendapatan, usia, jumlah anak dan pendidikan sebagai variabel independen dan variabel permintaan asuransi (Uang pertanggungan) sebagai variabel dependen. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda nonlinear dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Dari hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa variabel pendapatan, usia yang secara individu berpengaruh secara signifikan positif terhadap permintaan asuransi dan jumlah anak yang secara individu berpengaruh secara signifikan negatif. Nilai R-Square sebesar 0,585 menunjukkan bahwa variabel-variabel independen tersebut dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap permintaan asuransi sebesar 58,5% sedangkan sisanya sebesar 41,5% dijelaskan oleh variabel lain selain variabel pendapatan, usia, jumlah anak, dan pendidikan. Dari hasil pengujian asumsi klasik diperoleh kesimpulan bahwa dalam data penelitian tersebut tidak terdapat autokorelasi, heteroskedastisitas maupun multikolinearistas.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Tujuan Pembangunan Nasional yang dilakukan oleh bangsa Indonesia adalah mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur merata materiil dan spirituil berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sasaran utama dalam pembangunan sekarang ini adalah menciptakan landasan yang kuat bagi bangsa Indonesia untuk dapat tumbuh dan berkembang atas kekuatan sendiri. Oleh karena itu untuk menciptakan landasan bagi tahapan pembangunan selanjutnya, perlu diusahakan laju pertumbuhan yang cukup tinggi dalam berbagai aspek.

Untuk mencapai sasaran itu, maka pelaksanaan pembangunan memerlukan biaya yang sangat besar. Salah satu sumber pembiayaan pembangungan berasal dari sektor dalam negeri, dimana salah satu komponen utamanya adalah tabungan masyarakat. Tabungan masyarakat tersebut dihimpun melalui lembaga perbankan dan lembaga keuangan bukan bank yang kemudian dana tersebut akan disalurkan secara produktif dan efisien pada tiap-tiap sektor sesuai dengan prioritas pembangunan.

Salah satu upaya pengerahan dana masyarkat melalui lembaga keuangan bukan bank yaitu asuransi. Perusahaan asuransi sebagai lembaga keuangan diluar perbankan bergerak di bidang penjualan jasa-jasa pertanggungan mempunyai peranan penting dalam usaha pengumpulan dana masyarakat serta mendukung kesinambungan pembangunan nasional dalam negeri, dalam arti memperkecil resiko yang dapat menghambat jalannya pembangunan. Disamping sebagai alat yang menghimpun dana pembangunan, usaha perasuransian itu dapat juga dilihat manfaatnya sebagai salah satu alat yang memberikan jaminan bagi kelangsungan usaha-usaha besar yang suatu ketika mengalami kerugian sebagai akibat dari suatu peristiwa yang menimpa perusahaan tersebut.

Tidak hanya perusahaan, “kemungkinan” bahwa manusia akan menghadapi suatu kerugian atau kehilangan akibat suatu peristiwa yang tidak terduga misalnya kebakaran rumah, kehilangan barang-barang, kecelakaan dalam perjalanan baik di darat, di laut, ataupun di udara. Jika kerugian yang dialami hanya kecil, maka dapat ditutup dengan uang simpanan, sehingga kerugian itu tidak begitu terasa. lain halnya, apabila kerugianya besar sehingga uang simpanan tidak mencukupi untuk menutupi kerugian tersebut, orang akan betul-betul menderita. Jumlah perusahaan perasuransian yang beroperasi di negara kita sampai dengan tahun 2002 cukup banyak dan bervariasi. Yang dimaksud dengan perusahaan perasuransian disini adalah perusahaan yang terkait dengan bisnis asuransi, yakni perusahaan asuransi jiwa, kerugian, reasuransi, pialang asuransi maupun agen asuransi.

Data yang bersumber dari Direktorat Asuransi, Depertemen Keuangan yang berfungsi sebagai regulator perasuransian berdasarkan UU no.2 tahun 1992 tentang “Usaha Perasuransian”, menunjukan banyaknya perusahaan perasuransian tahun 2002 adalah sebagai berikut :

118 Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi  Permintaan Asuransi Mitra Beasiswa pada Ajb Bumiputera 1912 Kantor Operasional  Yogyakarta Gondomanan

Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 merupakan salah satu perusahaan asuransi yang cukup besar di Indonesia. Pengalaman panjang melayani rakyat Indonesia berasuransi kurang lebih selama satu abad, menjadikan Bumiputera bertekad untuk tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri, menjadi asuransi Bangsa Indonesia sebagaimana visi awal pendirinya. Bumiputera ingin senantiasa berada di benak dan di hati rakyat Indonesia.

Tidak seperti perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) lainnya– yang kepemilikannya hanya oleh pemodal tertentu; sejak awal pendiriannya Bumiputera sudah menganut sistem kepemilikan dan kepenguasaan yang unik, yakni bentuk badan usaha “mutual” atau “usaha bersama”. Semua pemegang polis adalah pemilik perusahaan – yang mempercayakan wakil-wakil mereka di Badan Perwakilan Anggota (BPA) untuk mengawasi jalannya perusahaan. Asas mutualisme ini, yang kemudian dipadukan dengan idealisme dan profesionalisme pengelolanya, merupakan kekuatan utama Bumiputera hingga saat ini.

Bumiputera saat ini mempunyai sekitar 18.000 karyawan, melindungi lebih dari 9,7 juta jiwa rakyat Indonesia, dengan jaringan kantor sebanyak 576 di seluruh pelosok Indonesia, dan salah kantor cabangnya terletak di kota Yogyakarta. Yogyakarta merupakan salah satu Ibu kota propinsi di Indonesia yang memiliki berbagai potensi, baik yang berasal dari sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Selain dijuluki sebagai kota budaya, Yogyakarta juga dikenal dengan sebutan kota pelajar. Sebagai kota pelajar, di Yogyakarta terdapat beberapa perguruan tinggi yang terkenal. Sehingga, tidak mengherankan jika hampir setiap tahunnya kota ini kedatangan pelajar-pelajar dari luar Yogyakarta yang bermaksud untuk melanjutkan studi.

Kita tahu bahwa biaya pendidikan saat ini sangatlah mahal. Walaupun demikian, setiap orang tua pasti mempunyai harapan yang tinggi untuk dapat menyekolahkan putra-putrinya sampai ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini mendorong mereka melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut. salah satunya adalah dengan mendaftarkan diri sebagai pemegang polis (nasabah) pada perusahaan asuransi khususnya asuransi pendidikan. Untuk memenuhi kebutuhan orang tua akan jaminan pendidikan bagi putra-putrinya, AJB Bumiputera selain menawarkan produk dengan kategori asuransi jiwa juga menawarkan produk dengan kategori asuransi pendidikan dengan nama asuransi mitra beasiswa. Pada sebuah ajang penghargaan prestasi bagi pengelola merek di Indonesia yang diselenggarakan pada Kamis, 22 Juli 2004 di Ballroom Shangri-La Hotel Jakarta, Indonesian Best Brand Award (IBBA) Bumiputera menerima penghargaan untuk kategori asuransi jiwa dan asuransi pendidikan. Untuk kategori asuransi pendidikan yang baru disurvey tahun ini, Bumiputera memperoleh penghargaan untuk yang pertama kalinya. Hal ini membuktikan, Bumiputera tidak hanya dipercaya sebagai “pelindung” jiwa seseorang tapi lebih daripada itu telah dipercaya oleh keluarga Indonesia sebagai perusahaan yang dapat menjamin biaya pendidikan untuk anak-anak mereka.

Asuransi mitra beasiswa adalah salah satu produk asuransi perorangan yang memberikan banyak manfaat, diantaranya yaitu proteksi sampai dengan 300%, pada saat tertanggung meninggal dunia, yang menerima manfaat dari asuransi tersebut tetap mendapatkan uang pertanggungan dan beasiswa tanpa harus membayar premi yang belum dibayarkan, serta besarnya premi yang dibayarkan lebih murah dibanding produk lainnya. Asuransi ini paling banyak diminati oleh masyarakat Yogyakarta dibandingkan dengan produk lainnya. Hal ini dapat dilihat pada tabel 1.2 berikut :

Untuk memesan judul-judul SKRIPSI / TESIS atau mencari judul-judul yang lain silahkan hubungi Customer Service kami, dengan nomor kontak 0852.2588.7747 (AS) atau 0857.0.1111.632 (IM3)
Tags:
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat