HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Analisa Distribusi Air Pada Pipa Jaringan Distribusi di Sub-Zone Sondakan PDAM Kota Surakarta dengan Simultaneous Loop Equation Method

ABSTRAK

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta adalah sebuah perusahaan yang mengelola dan mensupplai kebutuhan air bersih untuk wilayah Surakarta dan sekitarnya. Keberadaan PDAM saat ini dengan kapasitas produksi total 895,61 liter/detik baru bisa melayani 55,77 % penduduk Surakarta. Air yang didistribusikan dengan sistem distribusi tertutup juga belum mampu memenuhi kebutuhan air para pelanggan terbukti masih ditemukannya daerah-daerah yang mengalami kekurangan air pada saat jam-jam pemakaian padat. Selain itu juga ditemukan tingkat kebocoran air yang cukup tinggi hingga mencapai 39,02 %. Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan memudahkan penanganan permasalahan-permasalahan tersebut PDAM Surakarta akan membentuk sistem zone sub-zone. Yaitu penentuan batas jaringan perpipaan di suatu kawasan secara jelas sehingga memudahkan pengawasan dan penanganan permasalahan jaringan di kawasan tersebut.

Untuk memberikan gambaran kondisi pelayanan secara rinci pada suatu kawasan jaringan perpipaan, dilakukan analisis di sub-zone Sondakan. Analisis yang dilakukan meliputi karakterisrik aliran air pada masing-masing pipa, karakteristik pada masing-masing node, besar kebocoran air pada jaringan, dan juda keseimbangan antara supply dan demand. Analisis jaringan dilakukan dengan menggunakan simultaneous loop equation method. Yaitu suatu metode penyelesaiaan persamaan-persamaan aliran air dalam sistem jaringan bercabang dan tertutup dengan mempertimbangkan hukum kekekalan massa dan kekekalan energi. Dengan metode ini akan dilakukan perbaikan nilai-nilai aliran awal dengan menyelesaiakan persamaan-persamaan loop secara simultan sehingga diperoleh nilai aliran yang optimal yang menggambarkan kondisi aliran yang sesungguhnya. Dari hasil evaluasi yang dilakukan disimpulkan aliran air untuk Wilayah Sondakan telah mampu memenuhi kebutuhan air diwilayah tersebut dengan ratarata aliran 2,15 liter/detik dengan kecepatan aliran rata-rata 8.84 cm/detik. Head air dapat terdistribusi merata pada seluruh bagian jaringan dengan rata-rata headloss selama air melaui jalur pipa sebesar 0.41 feet per 1000 feet. Kebocoran untuk wilayah sondakan sebesar 13.031,81 liter perhari atau 7 % dari keseluruhan air yang didistribusikan di wilayah ini.

Kata kunci: Distribusi PDAM, Distribusi air dalam pipa, Jaringan perpipaan, Loop equation method, Headloss air.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surakarta adalah sebuah perusahaan yang mengelola dan mensuplai kebutuhan air bersih untuk wilayah Surakarta. Dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih tersebut, PDAM Surakarta terus melakukan perbaikan pelayanan dengan meningkatkan kualitas air yang dikirim, menambah jumlah kapasitas produksi dan juga melalui perbaikanperbaikan sistem jaringan distribusi. Sistem jaringan distribusi yang diterapkan oleh PDAM Surakarta adalah “Sistem Jaringan Tertutup”. Air yang didistribusikan berasal dari beberapa sumber mata air, instalasi pengolahan air (IPA) dan sejumlah sumur dalam yang tersebar diseluruh wilayah Surakarta. Dengan sistem jaringan tertutup tersebut PDAM Surakarta berharap dapat mendistribisikan air bersih secara merata dan seimbang diseluruh lokasi jaringan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Air bersih dari sumber-sumber tersebut ada yang langsung didistribusikan kepada pelanggan dan ada pula yang ditampung kedalam reservoir-reservoir sebagai pusat penampungan air sementara untuk menjaga air yang didistribusikan agar tetap berada pada tekanan tertentu.

PDAM Surakarta memiliki kapasitas produksi sebesar 895,61 liter/detik. Sumber tersebut diambil dari sumber mata air Cokrotulung yang menggunakan sistem gravitasi dengan kapasitas produksi 387 liter/detik, 26 buah sumur dalam yang menggunakan sistem pompa dengan kapasitas total 476,73 liter/detik dan air baku dari Instalasi Pengolahan Air Jurug dengan kapasitas produksi 31,88 liter/detik. Selain sumber-sumber air tersebut PDAM Surakarta juga memiliki beberapa reservoir dengan kapasitas tampungan total sebesar 9.140 m3. (http://www.pdamsolo.or.id/).

Dengan kapasitas yang ada tersebut, PDAM Surakarta baru mampu melayani kebutuhan air masyarakat Surakarta sebesar 55,77 %, padahal target cakupan pelayanan yang ingin dicapai adalah sebesar 80 % dari seluruh penduduk Kota Surakarta. Cakupan pelayanan yang rendah tersebut akan semakin menurun lagi bila PDAM Surakarta tidak melakukan penambahan kapasitas produksi atau melakukan optimasi jaringan distribusi yang sudah ada, karena disatu sisi kebutuhan air masyarakat Surakarta terus mengalami peningkatan. Berdasarkan analisa kebutuhan air, pada tahun 2010 PDAM Surakarta akan menagalami kekurangan kapasitas produksi sebesar 460 liter/detik, dan tahun 2015 mengalami kekurangan sebesar 635 liter/detik. Maka dari itu, dalam rangka pengembangan ke depan, PDAM Surakarta akan berupaya meningkatkan cakupan pelayanannya baik melalui program mendesak, program jangka menengah maupun program jangka panjang. (http://www.pdamsolo.or.id/).

Selain kondisi cakupan pelayanan yang masih rendah, ditemukan juga permasalahan-permasalahan lain seperti besarnya tingkat kebocoran dan pendistribusian air yang tidak merata. Dengan adanya distribusi air yang tidak merata ini maka sering terjadi kawasan-kawasan tertentu yang mengalami kekurangan air. Kawasan ini biasanya adalah tempat-tempat yang jauh dari jalurjalur jaringan distribusi utama. Waktu terjadinya kekurangan air biasanya pada saat-saat tertentu yaitu pada jam-jam pemakaian padat pagi hari berkisar antara jam 05.00 hingga jam 07.00 dan sore hari jam 16.00 hingga jam 18.00. Dalam rangka peningkatan pelayanan, terutama dalam hal optimasi jaringan distribusi yang telah ada, terlebih dahulu harus diketahui kondisi sistem distribusi yang ada saat ini, baik itu berupa besarnya aliran pada masing-masing pipa, head (energi persatuan berat air) pada setiap titik, headloss (kehilangan energi) air selama melewati pipa, dan juga besarnya tekanan air pada tiap titik pada pipa. Dengan diketahuinya nilai-nilai parameter jaringan distribusi tersebut maka diharapkan kegiatan optimasi jaringan distribusi akan lebih efektif karena bisa menyesuaikan nilai-nilai parameter tersebut pada suatu lokasi dengan standar yang dibutuhkan.

Dengan adanya perencanaan optimasi jaringan distribusi yang tepat diharapkan akan dapat meningkatkan pelayanan PDAM Surakarta. Dengan perencanaan ini diharapkan terjadi keseimbangan antara kemampuan supply dengan demand yang tersebar di seluruh jaringan. Maka dalam penelitian ini akan dilakukan analisis distribusi aliran air yang ada di PDAM Surakarta. Ada beberapa metode yang biasa digunakan untuk menyelesaiakan sistemsistem persamaan aliran air pada saluran pipa untuk jenis saluran paralel maupun saluran bercabang. Dua metode yang biasa digunakan adalah metode Hardy Cross dan metode Simultaneous Loop Equations. Karena metode Hardy Cross menyelesaiakan setiap persamaan loop secara sendiri-sendiri dan terpisah dari sistem jaringan secara keseluruhan, maka metode ini kelihatan lebih simpel. Berbeda dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Simultaneous Loop Equations. Metode ini menyelesaiakan satu persamaan loop secara simultan dengan melibatkan pengaruh loop-loop yang lain yang ada dalam sistem jaringan. Walaupun sedikit lebih rumit, namum metode ini akan lebih efektif karena nilai yang optimal akan segera dicapai dengan iterasi yang relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan metode Hardy Cross (Ronald V Giles, 1986).

Sebagai pilot cell dalam penelitian ini akan dipilih wilayah Sondakan, mengingat wialayah ini telah terbentuk sebagai satu sub-zone yang jelas. Pada wilayah ini jaringan perpipaan yang ada merupakan jaringan perpipaan yang telah tertutup dan dapat dipisahkan dari sistem jaringan yang lain dengan mudah. Dan selain itu semua jaringan perpipaan telah teridentifikasi dengan baik.

Tags: , , ,
1 Comment
  1. pengen info, tentang penulisan skripsi :

Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat