HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

3 Contoh-Contoh Skripsi tentang Metode Pembelajaran

Contoh-contoh skripsi tidaklah sulit untuk didapatkan. Kita bisa memperolehnya dengan mendatangi perpustakaan di kampus. Pada setiap mahasiswa yang mengadakan penelitian baik itu dalam bentuk skripsi atau tesis pastilah salah satu arsipnya di simpan di dalam perpustakaan. Tentu saja arsip penelitian tersebut dari berbagai jurusan tersimpan di kampus tersebut. Hal ini dapat menguntungkan bagi para mahasiswa yang akan mengadakan penelitian tetapi belum mendapatkan suatu tema yang berbobot. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari berbagai penelitian terdahulu yang telah ada di perpustakaan tersebut. Selain melalui perpustakaan, saat ini telah banyak berbagai situs lembaga pendidikan yang menampilkan berbagai penelitian. Baik itu berupa penelitian skripsi, penelitian tesis, penelitian disertasi, berbagai bentuk jurnal-jurnal penelitian, atau seminar.

Pada artikel kali ini akan ditampilkan contoh-contoh skripsi, khususnya yang membahas tentang metode pembelajaran.

Berikut ini akan kami sajikan 3 contoh-contoh skripsi tentang metode pembelajaran.

Contoh skripsi tentang metode pembelajaran yang pertama adalah metode pembelajaran PAKEM. Metode pembelajaran PAKEM merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa secara aktif. Pelaksanaan metode ini ditujukan untuk menciptakan suatu lingkungan belajar yang mengkondisikan siswa untuk menguasai berbagai keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang lebih baik, untuk mempersiapkan diri siswa dalam kehidupannya nanti, baik itu dalam kehidupan bermasyarakat, maupun ke pendidikan yang lebih tinggi. Untuk penelitian yang menggunakan model pembelajaran PAKEM ini dapat mengambil judul seperti penerapan model pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika, misalnya.

Contoh yang kedua adalah metode pembelajaran kontekstual. Model pembelajaran kontektual dapat diartikan sebagai model pembelajaran yang berpusat pada siswa atau student centered learning. Hal ini dikarenakan dalam model pembelajaran kontekstual, setiap siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dapat membuat konsep abstrak menjadi lebih nyata bagi siswa. Hal ini didasarkan pada penelitian Dewey yang menyimpulkan bahwa siswa akan belajar dengan lebih baik jika yang dipelajarinya terkait dengan yang telah diketahui dan dengan kegiatan yang terjadi disekitarnya. Salah satu contoh pembelajaran kontekstual adalah e-learning. E-learning merupakan satu satu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar kepada siswa dengan menggunakan berbagai media seperti internet, intranet, atau jaringan komputer. E-learning dapat diartikan sebagai sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone. Tema yang dapat diangkat dalam penelitian seperti pengembangan e-learning dalam pembelajaran; keefektifan penerapan pendekatan pembelajaran kontektual terhadap hasil belajar; atau bisa juga mengambil tema usaha meningkatkan kemampuan siswa melalui pendekatan kontekstual.

Contoh yang ketiga adalah metode pembelajaran inovatif. Yang dimaksud dengan model pembelajaran inovatif adalah model pembelajaran yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Secara umum, tujuan model pembelajaran inovatif ini adalah untuk menyedikana fasilitas belajar bagi kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, serta intelektual dalam kelas. Selain itu, model pembelajaran ini ditujukan guna menciptakan lingkungan kelas yang nyaman untuk belajar dan dapat memberikan rangsangan kepada siswa untuk menumbuhkan segala potensi yang dimilikinya dalam upaya mencapai keberhasilan belajar.

Dari uraian tersebut, tampaklah bahwa metode pembelajaran konvensional yang didominasi oleh ceramah guru dapat digantikan dengan salah satu dari model-model pembelajaran tersebut di atas. Demi peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar, tidak ada salahnya jika mencoba dengan mengikutsertakan secara aktif siswa dalam kegiatan belajar tersebut. Kami harap contoh-contoh skripsi di atas dapat menambah wawasan Anda.

No tags for this post.
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632